Cara Pasang Relay Klakson Pada Sepeda Motor


Cara Pasang Relay Klakson Pada Sepeda Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara pasang relay klakson pada sepeda motor, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

Untuk hal ini banyak diantara kita yang kurang puas dengan suara klakson bawaan motor maupun mobil yang kurang keras/lantang atau juga lampu standar yang kurang terang atau berdaya kecil. Di toko aksesoris banyak sekali dijual klakson aftermarket yang suaranya bagus seperti Hella, Bosch dan lainnya.

Klakson tersebut membutuhkan daya yang cukup besar, sayangnya kabel yang terpasang pada klakson standar bawaaan motor/mobil tidak dapat mengakomodasi kebutuhan daya tersebut. Malah bisa jadi saklar klakson tersebut akan cepat rusak.

Karena setiap kali ditekan, akan mengeluarkan percik api pada metal contact didalamnya yang lama kelamaan akan aus, bahkan plastik casenya akan menjadi meleleh. Begitu juga dengan pemasangan lampu yang berdaya lebih besar, akan berkasus sama dengan kasus diatas. Untuk menyelesaikan tersebut kita membutuhkan bantuan komponen tambahan yakni relay.

Relay merupakan suatu komponen yang digunakan sebagai saklar penghubung/pemutus untuk arus beban yang cukup besar, dikontrol oleh sinyak listrik dengan arus yang kecil. Dengan menggunakan relay, kabel yang menuju saklar tidak perlu kabel yang tebal, sebab arus yang terhubung ke saklar sangatlah kecil.

Banyak relay yang beredar di pasaran, ada berbagai merek terkenal dan banyak pula yang palsu. Kebanyakan pengguna motor rata lebih memilih untuk menggunakan relay bermerek BOSCH yang asli, begitu juga dengan socket relaynya.

Komponen Yang Diperlukan
Adapun komponen yang akan diperlukan diantaranya yaitu: 

Socket Relay merek Bosch + terminal konektornya.
Relay Bosch 4 kaki atau 5 kaki.
Kabel tebal serabut diameter 5 mm “jika dibutuhkan”.
Selotip “jika dibutuhkan”. 

Cara Pasang

Adapun untuk pemasangan yang perlu diperhatikan yaitu:

Kaki Relay nomor 30 menuju Positif Accu “kabel harus tebal, langsung dari Accu”.
Kaki Relay nomor 87 menuju Positif Klakson “kabel ukuran tebal atau sedang”.
Kaki Relay nomor 85 menuju salah satu Kabel Klakson “A”/kabel asli.
Kaki Relay nomor 86 menuju salah satu Kabel Klakson “B”/kabel asli.
Kabel negatif klakson dihubungkan ke body motor “negatif/ground”.


Catatan:

Untuk Relay 5 kakim kaki tengah arus listrik sama dengan nomor 87 relay 4 kaki yaitu 1 menuju positif klakson kiri dan satuny menuju postif klakson kanan.

Dikarenakan adanya perbedaan lokasi kaki relay pada beberapa merek relay yang ada, harap perhatikan nomor kakinya sebelum memasang. Semoga penjelasan diatas dapat mudah dimengerti dan rekan-rekan bisa pasang sendiri klakson barunya. Rangkaian di atas sama penerapannya untuk pemasangan lampu tambahan atau merubah lampu ke daya yang lebih besar.

Manfaat yang didapat dengan menggunakan rangkaian relay ini ialah:
Klakson akan bersuara lebih keras/lantang atau lampu akan menyala lebih terang.
Saklar klakson/lampu akan lebih awet.

Demikianlah pembahasan mengenai [Tips Jitu] Cara Pasang Relay Klakson Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Pasang Relay Klakson Pada Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel