Penyebab Dan Cara Mengatasinya Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak
Sunday, April 26, 2020
Add Comment
Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak – Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana starter motor kadang bisa kadang tidak, hal ini pastinya pernah dialami bagi pengendara roda dua, nah dalam hal ini latas apa saja sih penyebab dan bagaimana sih untuk mengatasinya, yuk simak uraiannya berikut ini.
Elektrik starter motor kalian ngambek, hal demikian kenyamanan saat menghidupkan mesin pun menjadi berkurang. Malah kalau mesin agak rewel dipastikan kalian akan bercucuran keringat untuk menghidupkan mesin, kalian harus mengerahkan tenaga, menggunakan kaki untuk menggerakkan starter yang disebut kick starter untuk bisa dihidupkan.
Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak ?? Penyebab Dan Cara Mengatasinya
Nah bagi wanit yang menggunakan motor, baik berbelanja ke pasar, bekerja maupun mengantarkan putra-putranya ke sekolah, kalau starter listrik ngambek, hal ini pastinya akan mengesalkan bukan,, nah untuk mencegah kondisi tersebut sistem starter pun harus diperhatikan.
Nah bagi wanit yang menggunakan motor, baik berbelanja ke pasar, bekerja maupun mengantarkan putra-putranya ke sekolah, kalau starter listrik ngambek, hal ini pastinya akan mengesalkan bukan,, nah untuk mencegah kondisi tersebut sistem starter pun harus diperhatikan.
Fungsi Motor Starter
Motor starter dalam hal ini berfungsi untuk merubah energi yang dialirkan dari baterai menjadi energi gerak “tenaga” yang mana energi gerak “tenaga dalam bentuk putaran” ini digunakan untuk memutar poros engkol pertama kali supaya mesin dapat menjalankan siklus kerjanya “hidup”.
Pada motor starter terdapat gigi pinion, gigi pinion ini dapat maju mundur yang apabila aktif maka gigi pinion akan maju dan berhubungan dengan ring gear pada fly wheel. Fly wheel ini berhubungan langsung dengan poros engkol.
Motor starter dalam hal ini berfungsi untuk merubah energi yang dialirkan dari baterai menjadi energi gerak “tenaga” yang mana energi gerak “tenaga dalam bentuk putaran” ini digunakan untuk memutar poros engkol pertama kali supaya mesin dapat menjalankan siklus kerjanya “hidup”.
Pada motor starter terdapat gigi pinion, gigi pinion ini dapat maju mundur yang apabila aktif maka gigi pinion akan maju dan berhubungan dengan ring gear pada fly wheel. Fly wheel ini berhubungan langsung dengan poros engkol.
Bagian-Bagian Motor Starter
Motor starter terdiri atas beberapa bagian yang memungkinkan bekerja untuk mengubah energi listrik DC dari baterai menjadi tenaga gerak untuk memutarkan fly wheel, sehingga mesin hidup. Bagian-bagian motor starter yaitu:
Motor starter terminal positif pada motor starter juga dapat menimbulkan masalah, penyebabnya daya jepit klip pada terminal lemah. Akibatnya arus listrik yang sampai ke motor pun lemah dan tidak kuat memutar mesin. Masalah karena motor sering dicoba untuk dihidupkan, klip tersebut bisa copot dari terminal motor.
Kerusakan pada jeroan motor starter ialah berstel “brush” atau arang. Komponen aus atau menipis sehingga tidak bisa lagi membuat hubungan tipis, ini bisa terjadi karena selama starter dihidupkan, komponen selalu bergesek dengan komutator “rotor” starter. Akibatnya dalam beberapa tahun borstel ini akan habis atau menipis dan tidak bisa lagi membuat kontak dengan starter. Cara mengatasinya berstel ialah harus diganti.
Penyebab lain motor starter rusak, terdapat kotoran dikomutator. Kotoran tersebut berasal dari uap oli merembes melalui celah “bearing” motor starter. Untuk mengurangi akumulasi kotoran uap oli, gunakanlah oli sesuai dengan standar tekanan yang telah ditentukan pabrik. Tidak boleh lebih, kalau lebih menyebabkan tekanan uap oli saat mesin bekerja tinggi dan jumlah yang akan merembes ke motor starter makin banyak.
Demikianlah pembahasan mengenai Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak ?? Penyebab Dan Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
Motor starter terdiri atas beberapa bagian yang memungkinkan bekerja untuk mengubah energi listrik DC dari baterai menjadi tenaga gerak untuk memutarkan fly wheel, sehingga mesin hidup. Bagian-bagian motor starter yaitu:
- Saklar starter “Selenoid”
- Kumparan medan “Field Coil”
- Kumparan jangkar
- Sikat arang “Brush”
- Armatur dan komutator
- Over running clutch dan roda gigi pinion
Motor starter terminal positif pada motor starter juga dapat menimbulkan masalah, penyebabnya daya jepit klip pada terminal lemah. Akibatnya arus listrik yang sampai ke motor pun lemah dan tidak kuat memutar mesin. Masalah karena motor sering dicoba untuk dihidupkan, klip tersebut bisa copot dari terminal motor.
Kerusakan pada jeroan motor starter ialah berstel “brush” atau arang. Komponen aus atau menipis sehingga tidak bisa lagi membuat hubungan tipis, ini bisa terjadi karena selama starter dihidupkan, komponen selalu bergesek dengan komutator “rotor” starter. Akibatnya dalam beberapa tahun borstel ini akan habis atau menipis dan tidak bisa lagi membuat kontak dengan starter. Cara mengatasinya berstel ialah harus diganti.
Penyebab lain motor starter rusak, terdapat kotoran dikomutator. Kotoran tersebut berasal dari uap oli merembes melalui celah “bearing” motor starter. Untuk mengurangi akumulasi kotoran uap oli, gunakanlah oli sesuai dengan standar tekanan yang telah ditentukan pabrik. Tidak boleh lebih, kalau lebih menyebabkan tekanan uap oli saat mesin bekerja tinggi dan jumlah yang akan merembes ke motor starter makin banyak.
Demikianlah pembahasan mengenai Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak ?? Penyebab Dan Cara Mengatasinya semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber teknikotomotif
0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasinya Starter Motor Kadang Bisa Kadang Tidak"
Post a Comment