Servis Motor Injeksi – Nah pada awal kemunculannya, motor injeksi diklaim lebih bebas perawatan ketimbang motor yang masih menggunakan karburator. Alasannya sistem injeksi ini mencampur udara dan bensin secara presisi dengan banyak tahap. Dan konon servis motor injeksi bahkan bisa setahun sekali,, apakah iya ??
Klaim itu bukan tanpa sebab, karena servis motor injeksi dengan durasi cukup lama ini dapat dilakukan asalkan pemilik tetap rutin mengganti oli. Dengan penggantian oli secara berkala, maka ruang mesin silinder dan klep tetap terjaga pelumasannya sehingga tidak mudah aus.
Asal ganti oli mesin rutin dan pakai bensin bagus, motor injeksi itu tidak harus sering-sering servis. Servisnya bisa Cuma setahun sekali sekalian pengecekan setelan klep. Bila servis rutin motor injeksi biasanya dilakukan dengan cara membersihkan throttle body dan filter udara. Kadang penyetelan klep perlu dilakukan apabila setelan kerenggangannya telah berubah.
Bersih-bersih throttle body dan filter udara bisa dilakukan sendiri atau dibawah ke bengkel resmi terpercaya. Namun untuk penyetelan klep sebaiknya dipercayakan saja pada langganan agar tarikan mesin kembali mantap.
Kalau motor kayak matic yang filter udaranya tidak nyelip sih bisa dibongkar sendiri dirumah. Bersihinnya tinggal di keprek-keprek supaya gumpalan debu sama kotorannya turun. Tapi kalau jarak tempuhnya sudah 20 ribu kilometer mendingan ganti sekalin agar penyaringannya kembali optimal.
Cara Servis Motor Injeksi
Dan sementara untuk membersihkan throttle body ini memang sedikit repot. Perlu kemampuan oprek yang lebih terampil dari pemiliknya bila ingin bongkar sendiri di rumah karena posisinya agar tersembunyi. Untuk membersihkannya cukup di semprot dengan injector cleaner di katup kupu-kupu dan setiap celahnya.
Kalau pakai bensin bagus minimal oktan 90 itu efeknya sisa kotoran di injektornya sedikit. Masa pakai jadi lebih panjang dan tidak perlu sering-sering servis. Kalau bensin biasa sering banget ada kerak di injektor sehingga mesti lebih rajin bersihin supaya tarikan tidak brebet.
Reset ECU juga perlu dilakukan untuk mengatur ulang semprotan bensin di injektor sesuai dengan suplai udara yang masuk. Tujuannya agar pembakaran tetap dalam kondisi ideal sesuai kebutuhan mesin.
Minimal dua tahun sekali perlu servis ke bengkel resmi juga untuk reset ECU. Saat periksa ECU sekalian periksa komponen elektrik untuk injeksi yang alat mereka lebih canggih dari bengkel umum. Dari situ bisa ketahuan kalau ada masalah di sistem injeksinya.
Dengan Mengganti Busi Saat Servis Motor Injeksi
Kesempatan servis motor injeksi, bisa sekalian untuk ganti busi. Usia busi motor standar dengan harga Rp 15-25 ribuan dan biasanya hanya sanggup memberikan performa maksimal hingga 10 ribu kilometer. Dengan demikian performa motor injeksi tetap dalam kondisi terbaik dengan busi baru dan sistem injeksi yang bersih.
Untuk busi biasa sebaiknya rutin ganti setahun sekali. Dan masa pakai busi seperti itu kekuatannya paling sekitar 10 ribu kilometer setalah itu tenaganya turun. Beda lagi kalau iridium, penggantiannya bisa 15 ribuan kilometer untuk harian.
Demikianlah pembahasan mengenai Servis Motor Injeksi ?? Hanya Setahun Sekali, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
0 Response to "Servis Motor Injeksi ?? Hanya Setahun Sekali,,, Yuk Simak"
Post a Comment