Inilah Penyebab Busi Motor Sering Mati
Thursday, May 7, 2020
Add Comment
Busi atau bisa juga di katakan spark plug Perannya sangat penting bagi sepeda motor karna fungsinya memberikan pengapian kepada mesin saat bahan bakar dan udara di kompresi, sehingga terjadilah ledakan di dalam ruang bakar.
Jika Busi bermasalah mesin pun juga ikut bermasalah, dikarenakan tidak stabilnya pengapian pada ruang bakar.
Untuk mengetahui gejala busi motor yang bermasalah maka sebaiknya anda perhatikan pada sepeda motor anda tersebut, dan lihatlah percikan bunga api pada busi tersebut, jika percikannya tirlihat biru kemerahan berarti busi tersebut masih bagus, tetapi jika percikannya terlihat biru dan menyebar busi bisa di katakan kurang bagus, akibatnya tenaga motor jadi terganggu.
Banyak keluhan para pengguna sepeda motor yang menanyakan busi motornya sering mati padahal belum lama di ganti, itu juga banyak pemicunya lihatlah kepala busi dari situ kita bisa menyimpulkan letak permasalahan busi sepeda motor yang sering banget mati.
Jika motor sudah mengeluarkan asap putih itu bisa menyebabkan busi motor tersebut tidak awet dikarenakan kepala busi akan terkena oli akibat bocor nya oli dari dalam mesin ke ruang bakar, sehingga kepala busi tersebut menjadi basah dan tertumpuknya kerak hasil pembakaran di ruang bakar tersebut, untuk mengatasinya dengan cara di korter ke over size yang lebih tinggi terhadap blok mesin tersebut, dan jangan lupa ganti juga seal klep jika perlu akan tetapi alangkah lebih bagus jika di ganti karna nantinya klep sepeda motor juga akan di skir untuk mengantisipasi kebocoran pada kompresi mesin motor.
Terlalu borosnya bahan bakar juga akan mempercepat umur pakai busi dikarenakan ruang bakar terlalu banyak menerima supply bahan bakar dari pada udara, sebagai mana proses pembakaran atau langkah kerja didalam ruang bakar adalah campuran antara udara dengan bahan bakar, maka sebaiknya lihat kepala busi pada motor jika terlihat basah akibat bahan bakar maka kepala busi akan terlihat hitam dan jika digas pada rpm atas maka kenalpot akan mengeluarkan asap hitam, maka ini bisa menjadi pemicu masalah busi motor tidak awet dan sering mati.
Bahan bakar terlalu irit juga bisa menyebabkan busi sering mati, bila terlihat kepala busi berwarna putih itu tandanya bahan bakar terlalu irit, maka sebaiknya stel pada stelan angin atau karburatornya untuk mendapatkan pasokan bahan bakar yang pas, jika campuran bahan bakar dan bensin sudah pas maka busi akan berwarna merah bata.
Pengapian motor terlalu kecil juga bisa menjadi penyebab busi motor sering mati, komponen yang termasuk kedalam pengapian motor tersebut adalah Spull pengapian (AC) dan Aki untuk pengapian arus (DC), kemudian CDI, Koil, dan yang terakhir adalah Busi, jika komponen tersebut sudah mulai lemah maka pengapian akan terganggu sehingga terlalu memaksa busi untuk memberikan pengapian terhadap ruang bakar jadi ini juga akan membuat busi motor sering mati.
Dari situ anda akan bisa menyimpulkan letak permasalahan pada busi motor yang sering mati,
Jika kasus di atas Menimpa anda sebaiknya segera lakukan perbaikan pada motor anda supaya tidak terlalu sering mengganti busi yang pada akhirnya akan selalu menguras isi dompet.
Sumber servismesinmotor
Jika Busi bermasalah mesin pun juga ikut bermasalah, dikarenakan tidak stabilnya pengapian pada ruang bakar.
Untuk mengetahui gejala busi motor yang bermasalah maka sebaiknya anda perhatikan pada sepeda motor anda tersebut, dan lihatlah percikan bunga api pada busi tersebut, jika percikannya tirlihat biru kemerahan berarti busi tersebut masih bagus, tetapi jika percikannya terlihat biru dan menyebar busi bisa di katakan kurang bagus, akibatnya tenaga motor jadi terganggu.
Banyak keluhan para pengguna sepeda motor yang menanyakan busi motornya sering mati padahal belum lama di ganti, itu juga banyak pemicunya lihatlah kepala busi dari situ kita bisa menyimpulkan letak permasalahan busi sepeda motor yang sering banget mati.
Jika motor sudah mengeluarkan asap putih itu bisa menyebabkan busi motor tersebut tidak awet dikarenakan kepala busi akan terkena oli akibat bocor nya oli dari dalam mesin ke ruang bakar, sehingga kepala busi tersebut menjadi basah dan tertumpuknya kerak hasil pembakaran di ruang bakar tersebut, untuk mengatasinya dengan cara di korter ke over size yang lebih tinggi terhadap blok mesin tersebut, dan jangan lupa ganti juga seal klep jika perlu akan tetapi alangkah lebih bagus jika di ganti karna nantinya klep sepeda motor juga akan di skir untuk mengantisipasi kebocoran pada kompresi mesin motor.
Terlalu borosnya bahan bakar juga akan mempercepat umur pakai busi dikarenakan ruang bakar terlalu banyak menerima supply bahan bakar dari pada udara, sebagai mana proses pembakaran atau langkah kerja didalam ruang bakar adalah campuran antara udara dengan bahan bakar, maka sebaiknya lihat kepala busi pada motor jika terlihat basah akibat bahan bakar maka kepala busi akan terlihat hitam dan jika digas pada rpm atas maka kenalpot akan mengeluarkan asap hitam, maka ini bisa menjadi pemicu masalah busi motor tidak awet dan sering mati.
Bahan bakar terlalu irit juga bisa menyebabkan busi sering mati, bila terlihat kepala busi berwarna putih itu tandanya bahan bakar terlalu irit, maka sebaiknya stel pada stelan angin atau karburatornya untuk mendapatkan pasokan bahan bakar yang pas, jika campuran bahan bakar dan bensin sudah pas maka busi akan berwarna merah bata.
Pengapian motor terlalu kecil juga bisa menjadi penyebab busi motor sering mati, komponen yang termasuk kedalam pengapian motor tersebut adalah Spull pengapian (AC) dan Aki untuk pengapian arus (DC), kemudian CDI, Koil, dan yang terakhir adalah Busi, jika komponen tersebut sudah mulai lemah maka pengapian akan terganggu sehingga terlalu memaksa busi untuk memberikan pengapian terhadap ruang bakar jadi ini juga akan membuat busi motor sering mati.
Dari situ anda akan bisa menyimpulkan letak permasalahan pada busi motor yang sering mati,
Jika kasus di atas Menimpa anda sebaiknya segera lakukan perbaikan pada motor anda supaya tidak terlalu sering mengganti busi yang pada akhirnya akan selalu menguras isi dompet.
Sumber servismesinmotor
0 Response to "Inilah Penyebab Busi Motor Sering Mati"
Post a Comment