Cara Mudah Memperbaiki Tangan Piston/ Stang Seher Pada Motor yang Rusak
Wednesday, May 13, 2020
Add Comment
Stang Seher Motor Rusak – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara paling simpel mengetahui stang seher motor rusak, nah agar lebih dapat memahami dan di mengerti simak saja ulasannya di bawah ini.
Mesin ialah penghasil tenaga pada suatu kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Mesin memiliki komponen utama berupa silinder blok, silinder kop dan karter “khusus motor 4 tak”. Yang masing-masing komponen tersebut, terutama pada komponen pertama dan kedua masih dapat dirinci lagi menjadi beberapa sub-komponen. Di samping itu, masing-masing komponen tersebut diatas memiliki fungsi tertentu, sesuai dengan cara kerja suatu motor “4 tak atau 2 tak”.
Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak “Wajib Baca”
Yang dimaksud dengan komponen bergerak ialah komponen mesin yang bergerak jika mesin hidup baik itu gerak lurus maupun gerak putar. Komponen yang bergerak tersebut ialah yang tidak termasuk ke dalam sistem pendingin, pelumasan dan bahan bakar.
Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)
Batang piston sering juga disebut dengan stang piston, berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol. Dimana gerak bolak-balik piston dalam ruang silinder diteruskan oleh batang piston menjadi gerak putaran “rotary” pada poros engkol. Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar.
Ujung sebelah atas dimana ada pena piston dinamakan ujung kecil batang piston dan ujung bagian bawahnya disebut ujung besar. Di ujung kecil batang piston ada yang dilengkapi dengan memakai bantalan peluru dan dilengkapi lagi dengan logam perunggu atau bush bearing “namanya dalam istilah di toko penjualan komponen kendaraan bermotor”.
Ujung besarnya dihubungkan dengan penyeimbang poros engkol melalui king pin dan bantalan peluru. Dan pada umumnya panjang batang penggerak kira-kira sebesar dua kali langkah gerak torak.
Tugas setang piston “seher” sangat berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga mendapatkan pembebanan regangan pada saat langkah hisap dan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.
Fungsi Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)
Adapun untuk fungsi batang piston antara lain yaitu:
Bahan pembuatan piston sendiri terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap stang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan untuk motor-motor kecil, batang piston terbuat dari paduan alumunium untuk memperingan bobot setang piston.
Bagi sebagian pemilik motor pastinya sudah pernah mengalami motornya rusak pada komponen stang seher. Nah sebenarnya pada dasarnya setiap komponen motor yang mempunyai jangka waktu pemakaian atau penggunaannya. Jadi dikala batas pemakaiannya tiba maka sebaiknya bagi pemilik motor tersebut dianjurkan agar segera men-servis motornya dengan cara mengembalikan performa mesin seperti semula yakni servis rutin dan jikalau keadaan mesin motor sudah parah maka langkah yang perlu diambil yakni mengganti komponen yang aus/rusak dengan komponen yang baru.
Salah satu komponen yang vital dalam sepeda motor yakni stang seher atau kruk as, apabila komponen ini sudah mengalami kerusakan atau aus maka disarankan untuk segera menggantinya agar motor kembali optimal kembali. Sebuah stang seher yang berfungsi sebagai tempat dudukan piston ini mempunyai fungsi yang sangat vital dalam mesin motor. Lalu bagaiman caranya untuk mengetahui stang seher yang bermasalah atau sudah mengalami aus/rusak!!!
Getaran mesin menjadi lebih terasa dilihat dari getaran spionnya.
Getaran di bagian stang seher terasa kencang, bahkan masih di bawah 6000 rpm pun getaran mesin sudah terasa sangat kuat.
Sedangkan pemicu terjadinya kerusakan dan aus pada stang seher ialah sebagai berikut:
Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak
Untuk bagaimana mengetahui + memperbaiki komponen ini sudah aus atau belum sangatlah mudah ada tiga cara yakni:
Mesin ialah penghasil tenaga pada suatu kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Mesin memiliki komponen utama berupa silinder blok, silinder kop dan karter “khusus motor 4 tak”. Yang masing-masing komponen tersebut, terutama pada komponen pertama dan kedua masih dapat dirinci lagi menjadi beberapa sub-komponen. Di samping itu, masing-masing komponen tersebut diatas memiliki fungsi tertentu, sesuai dengan cara kerja suatu motor “4 tak atau 2 tak”.
Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak “Wajib Baca”
Yang dimaksud dengan komponen bergerak ialah komponen mesin yang bergerak jika mesin hidup baik itu gerak lurus maupun gerak putar. Komponen yang bergerak tersebut ialah yang tidak termasuk ke dalam sistem pendingin, pelumasan dan bahan bakar.
Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)
Batang piston sering juga disebut dengan stang piston, berfungsi menghubungkan piston dengan poros engkol. Jadi batang piston meneruskan gerakan piston ke poros engkol. Dimana gerak bolak-balik piston dalam ruang silinder diteruskan oleh batang piston menjadi gerak putaran “rotary” pada poros engkol. Ini berarti jika piston bergerak naik turun, poros engkol akan berputar.
Ujung sebelah atas dimana ada pena piston dinamakan ujung kecil batang piston dan ujung bagian bawahnya disebut ujung besar. Di ujung kecil batang piston ada yang dilengkapi dengan memakai bantalan peluru dan dilengkapi lagi dengan logam perunggu atau bush bearing “namanya dalam istilah di toko penjualan komponen kendaraan bermotor”.
Ujung besarnya dihubungkan dengan penyeimbang poros engkol melalui king pin dan bantalan peluru. Dan pada umumnya panjang batang penggerak kira-kira sebesar dua kali langkah gerak torak.
Tugas setang piston “seher” sangat berat, selain mendapatkan tekanan yang berasal dari piston, batang torak juga mendapatkan pembebanan regangan pada saat langkah hisap dan tekukan pada saat merubah gerak lurus menjadi gerak putar.
Fungsi Conecting Rod (Batang Piston/Stang Seher)
Adapun untuk fungsi batang piston antara lain yaitu:
- Menghubungkan piston dan poros engkol “kruk-as”
- Merubah gerak lurus piston menjadi gerak pada poros engkol “kruk-as”
- Memindahkan gaya piston ke poros engkol dan membangkitkan momen putar pada poros engkol “kruk-as”
Bahan pembuatan piston sendiri terbuat dari baja dengan perbaikan mutu, contoh 34 CR MO 4 atau besi tuang. Untuk motor balap stang piston biasanya terbuat dari titanium, karena bersifat ringan dan mempunyai kekuatan lebih. Dan untuk motor-motor kecil, batang piston terbuat dari paduan alumunium untuk memperingan bobot setang piston.
Bagi sebagian pemilik motor pastinya sudah pernah mengalami motornya rusak pada komponen stang seher. Nah sebenarnya pada dasarnya setiap komponen motor yang mempunyai jangka waktu pemakaian atau penggunaannya. Jadi dikala batas pemakaiannya tiba maka sebaiknya bagi pemilik motor tersebut dianjurkan agar segera men-servis motornya dengan cara mengembalikan performa mesin seperti semula yakni servis rutin dan jikalau keadaan mesin motor sudah parah maka langkah yang perlu diambil yakni mengganti komponen yang aus/rusak dengan komponen yang baru.
Salah satu komponen yang vital dalam sepeda motor yakni stang seher atau kruk as, apabila komponen ini sudah mengalami kerusakan atau aus maka disarankan untuk segera menggantinya agar motor kembali optimal kembali. Sebuah stang seher yang berfungsi sebagai tempat dudukan piston ini mempunyai fungsi yang sangat vital dalam mesin motor. Lalu bagaiman caranya untuk mengetahui stang seher yang bermasalah atau sudah mengalami aus/rusak!!!
Penyebab Stang Seher Motor Yang Rusak
Berikut ini merupakan beberapa pertanda bahwa stang seher telah rusak dan aus dan harus segera diperbaiki atau diganti antara lain yaitu:
Saat mesin dalam kondisi yang langsam, maka mesin motor akan mengeluarkan suara yang asing, tepat di bagian mesin di tengah. Misalnya saja seperti suara “bluk bluk bluk” sebagai tanda bahwa seher telah aus.
Berikut ini merupakan beberapa pertanda bahwa stang seher telah rusak dan aus dan harus segera diperbaiki atau diganti antara lain yaitu:
Saat mesin dalam kondisi yang langsam, maka mesin motor akan mengeluarkan suara yang asing, tepat di bagian mesin di tengah. Misalnya saja seperti suara “bluk bluk bluk” sebagai tanda bahwa seher telah aus.
Getaran mesin menjadi lebih terasa dilihat dari getaran spionnya.
Getaran di bagian stang seher terasa kencang, bahkan masih di bawah 6000 rpm pun getaran mesin sudah terasa sangat kuat.
Sedangkan pemicu terjadinya kerusakan dan aus pada stang seher ialah sebagai berikut:
- Suka sekali memaksa motor berjalan di lintasan yang berat terus-menerus tepatnya di area lintasan yang ekstrim dan memiliki sudut kemiringan sampai melebihi 30 derajat.
- Kerap sekali menarik tuas dan kemudian melepasnya secara tiba-tiba.
- Menggunakan oli yang jelek dengan alasan lebih murah ternyata juga membawa dampak buruk.
- Sering sekali bore-up mesin dengan tidak tepat, yang sehingga hal ini membuat seher menjadi rusak.
Cara Memperbaiki Stang Seher Motor Rusak
Untuk bagaimana mengetahui + memperbaiki komponen ini sudah aus atau belum sangatlah mudah ada tiga cara yakni:
Cara Tanpa Membongkar Mesin Motor
Yang pertama adalah dengan cara tanpa membongkar mesin motor, pertama-tama hidupkan mesin terlebih dahulu kemudian psosisikan gas dalam keadaan langsam apabila mesin motor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh atau asing dari bagian mesin tengah seperti bluk,,bluk,,bluk itu tandanya komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.
Dengan Cara Membuka Kepala Silinder
Apabila belum yakin dengan cara pertama bisa memakai cara kedua yakni dengan cara membuka kepala silinder berserta silinder dan piston kemudian pegang stang seher berikutnya pukul-pukul pada stang seher tersebut dengan menggunakan tangan apabila mengeluarkan suara atau bunyi bluk-bluk tandanya stang seher tersebut sudah aus atau rusak oblak.
Yang pertama adalah dengan cara tanpa membongkar mesin motor, pertama-tama hidupkan mesin terlebih dahulu kemudian psosisikan gas dalam keadaan langsam apabila mesin motor mengeluarkan suara atau bunyi yang aneh atau asing dari bagian mesin tengah seperti bluk,,bluk,,bluk itu tandanya komponen tersebut sudah mengalami aus atau sudah rusak.
Dengan Cara Membuka Kepala Silinder
Apabila belum yakin dengan cara pertama bisa memakai cara kedua yakni dengan cara membuka kepala silinder berserta silinder dan piston kemudian pegang stang seher berikutnya pukul-pukul pada stang seher tersebut dengan menggunakan tangan apabila mengeluarkan suara atau bunyi bluk-bluk tandanya stang seher tersebut sudah aus atau rusak oblak.
Dengan Menggunakan Tangan Saja
Selanjutnya yang terakhir yakni dengan menggunakan tangan saja pertama-tama buka kepala silinder bersama silinder dan piston selanjutnya goyang-goyang secara perlahan-lahan satng seher tersebut apabila mengeluarkan suara atau kocak berarti tandanya stang seher motor. Dan telah aus atau sudah rusak segera mengganti dengan yang baru apabila hal ini dibiarkan saja takutnya malah ngerembet ke komponen yang lain yang malah ujung makin biaya yang dikeluarkan. Semoga dapat membantu sekian dan terima kasih.
Demikianlah postingan tentang Stang Seher Motor Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya.
Selanjutnya yang terakhir yakni dengan menggunakan tangan saja pertama-tama buka kepala silinder bersama silinder dan piston selanjutnya goyang-goyang secara perlahan-lahan satng seher tersebut apabila mengeluarkan suara atau kocak berarti tandanya stang seher motor. Dan telah aus atau sudah rusak segera mengganti dengan yang baru apabila hal ini dibiarkan saja takutnya malah ngerembet ke komponen yang lain yang malah ujung makin biaya yang dikeluarkan. Semoga dapat membantu sekian dan terima kasih.
Demikianlah postingan tentang Stang Seher Motor Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber otosena
0 Response to "Cara Mudah Memperbaiki Tangan Piston/ Stang Seher Pada Motor yang Rusak"
Post a Comment