Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan Dan Solusinya


Jadi Ini ?? Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan Dan Solusinya,,, Yuk Simak

Motor Berasap – Dalam hal ini sudah banyak yang sering terjadi kerusakan pada komponen mesin motor kita sehingga ini dapat membuat kita merasa tidak menyenangkan pada saat ingin menggunakan motor tersebut. Kebanyakan motor mengalami kerusakan atau mungkin kerusakan yang sering terjadi ketika motor kalian mengeluarkan asap, apalagi baru dinyalakan.
Jadi Ini ?? Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan Dan Solusinya,,, Yuk Simak

Lantas apakah motor kalian mengeluarkan asap pada saat dinyalakan ? nah berikut ini merupakan penyebab dan solusi motor berasap saat baru dinyalakan. Langsung saja simak ulasan yang sudah kami susun untuk kalian yang memiliki rasa ingin mengetahuinya.

Komponen Ring Piston
Yang pertama kalian harus memeriksa pada bagian ring piston ini, karena jika motor kalian keluar asap maka kemungkinan besar ini terjadi atau penyebab dari ring piston yang aus. Dan pada umumnya ring piston ini terbagi dua macam yakni ring oli dan juga ring kompresi.

Ring oli berfungsi untuk mencegah sebuah oli yang dari ruang engkol sampai masuk di ruang bakar. Sedangkan ring kompresi berfungsi sebagai suatu yang dapat merapatkan cela dari antara piston dengan blok silinder sehingga tekanan pada kompresi tidak akan mengalami kebocoran oli.

Dan bentuk dari ring ini tidak terlihat bulat yang sempurna, akan tetapi ada celah dimana celah ini dapat kemungkinan sebuah ring masuk sampai ke dalam ruang bakar. Nah apabila pada kedua ring tersebut mengalami keausan, maka ini akan membuat celah pada ring menjadi lebih besar.

Maka ini dapat mengakibatkan oli dari komponen penampung oli pada mesin motor akan lebih mudah untuk masuk di ruang bakar, ketika oli sudah masuk kedalam ruang bakar, dengan begitu ini akan menimbulkan asap pada saat baru dinyalakan. Dan selain itu beberapa gejala lainnya dapat mengikuti juga seperti tenaga pada mesin motor berkurang, tidak hanya itu saja ini juga dapat menjadi penyebab motor susah untuk dinyalakan.

Lantas bagaimana kita mengatasinya supaya tidak terjadi masalah ini dan tidak dapat mengakibatkan motor tersebut keluar asap. Dan bagi kalian yang ingin cari cara mengatasinya, kamu sarankan lebih baik kalian mengganti sebuah satu paket pada ring piston dengan yang baru.
Komponen Silinder “Linner Mesin”

Untuk hal yang selanjutnya penyebab yang satu ini sama dengan penyebab yang pertama, dan akan tetapi pada penyebab yang satu ini tidak hanya terletak pada ring piston, namun terdapat pada silinder atau linear mesin.

Dan perlu diketahui pada saat mesin motor sedang bekerja maka linear serta ring piston akan bergesekan, dengan begitu dalam selang waktu yang lama kedua komponen ini akan lebih mudah aus.

Nah apabila dalam komponen ini mengalami keausan maka ini menunjukkan kalau oli mesin akan menjadi lebih mudah untuk masuk ke ruangan pembakaran “ini sama hal seperti ada yang diatas tadi”. Masalah yang akan dihadapi selain motor tersebut keluar asap pada saat baru dinyalakan, silinder/linear yang sudah aus akan membuat mesin motor tidak menyala saat dingin.

Dan untuk solusi atau mengatasinya kalian dapat melakukan bore up atau mungkin membubut ulang pada linear/silinder, tentu saja kalian akan melakukan penurunan mesin ketika ingin melakukan cara mengatasinya yang seperti ini.
Bagian Seal Katup

Dan selain dari masalah yang diatas dimana masalah ketika mengalami keausan maka oli motor akan menuju ke ruang bakar. Katup atau biasa disebut valve berfungsi untuk memasukan udara disetiap pembakaran pada mesin motor dan dapat mengatur setiap pembuangan gas pada saat proses pembakaran itu terjadi.

Setiap katup pasti memiliki seal, karena dengan adanya seal ini dapat mencegah oli yang akan bocor supaya tidak masuk kedalam manifold. Nah karena faktor pemakaian, komponen seal ini akan mengalami suatu pengerasan dimana ini dapat membuat daya yang akan menurun.

Hal ini berarti oli akan menjadi lebih mudah untuk masuk kedalam ruang manifold. Bagaimana cara mengatasinya ?? kalian harus menggantikan sebuah seal katup yang baru, supaya terhindar dari masalah motor yang baru dinyalakan dan kemudian mengeluarkan asap.
Batang Katup

Batang katup ialah salah satu batang besi dimana ini dapat menghubungkan antara klep dengan cam. Ini berarti pada batang inilah yang terletak suatu tumpuan cam pada saat melakukan penekanan di katup. Mungkin pada masalah ini sering terjadi keluar asap pada saat batang katup sudah mulai bengkok.

Apa yang akan terjadi ketika batang katup bengkok ?? pada saat batang katup sudah bengkok maka otomatis suatu posisinya tidak akan bisa center. Pada saat lubang katup sudah diatur dengan cara center, dengan begitu batang yang bengkok akan membuat suatu seal menjadi tertekan dan membuat kelonggaran pada sisi lainnya.

Kelonggaran tersebut dapat membuat oli masuk ke manifold, perlu diperhatikan ketika kalian ingin mencari cara supaya bisa mengatasinya dan kalian melakukan pergantian seal klep saja tanpa membiarkan katupnya. Maka penyebab yang seperti ini akan timbul kembali dalam beberapa waktu yang akan datang, dan dengan begitu kalian menggantinya dua komponen tersebut yakni seal katup serta pada katup.
Bagian Klep

Mungkin pada komponen yang satu ini biasanya sering terjadi ketika klep terganjal atau pemasangan yang tidak sesuai sehingga ini dapat membuat motor kalian mengeluarkan asap pada baru dinyalakan. Kenapa bisa terjadi demikian ?? pada sebuah sistem DOHC terdapat dua katup tapi dalam kedua katup sama-sama intake, perlu diperhatikan dalam kedua katup intake ini usahakan jangan sampai ketukar.

Dan ketika kedua katup intake tersebut tertukar maka ini akan dapat menimbulkan kebocoran, dikarenakan dudukan pada kedua katup yang tidak sesuai. Nah dapat memberikan cara mengatasinya dengan cara kalian harus menyetir sebuah katup tersebut sampai dudukan pada katup dapat menjadi sesuai atau cocok.

Packing Kepala Silinder
Packing kepalan silinder yang berfungsi untuk merapatkan sebuah ruang bakar sampai suatu tekanan pada kompresi tidak akan hilang. Dan bahkan ini juga dapat membuat kerapatan pada jalur oli yang menuju dari bak oli sampai pada kepala silinder.

Dari penjelasan ini kalian sudah dapat membayakan apabila ini menjadi rusak maka tekanan kompresi akan bocor dan dapat membuat oli juga tidak mengalir sesuai dengan jalurnya.

Memang pada umumnya oli yang mengalir tidak sesuai atau mungkin mengalir diluar dari mesin akan membuat asap normal, tapi rembesan oli disetiap permukaannya akan menjadi banyak. Beda hal lagi kalau oli itu menuju kedalam ruang bakar dimana ini akan membuat asap pada knalpot menjadi putih kebiruan, namun ini tergantung dari kuantitas jenis-jenis oli motor ketika masuk.

Dan mungkin untuk solusinya kalian dapat menggantinya kepala silinder dengan yang baru, karena tidak ada solusi yang paling tepat dan hanya menggantikan kepala silinder yang baru merupakan solusi paling benar.

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini ?? Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan Dan Solusinya,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.




sumber : teknikotomotif

0 Response to "Penyebab Motor Berasap Saat Baru Dinyalakan Dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel