Cek 3 Penyebab Ini ?? Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas

Cek 3 Penyebab Ini ?? Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas


Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas – Nah dalam hal ini ada berbagai hal yang memicu terjadinya gangguan pada mesin sepeda motor, seperti pada gejala mesin mogok. Mesin motor yang tiba-tiba mogok itu bisa disebabkan oleh banyak hal. Bisa karena businya mati atau hanya kemasukan air, bisa juga dari faktor karburatornya.

Tapi kadanga gejala yang muncul pada mesin itu sedikit membingungkan, karena mesin akan mati pada saat gas dilepas. Dengan kata lain, saat dihidupkan sambil digas mesin bekerja dengan normal. Namun saat gas dilepas, mesin brebet lalu mati. Lalu kira-kira apa penyebabnya ?? mari kita bahas secara rinci berikut ini.

Penyebab Mesin Mati Saat Lepas Gas

Masalah ini seringnya terjadi pada motor-motor yang masih menggunakan karburator, karena suplai bensin masih dilakukan secara konvensional. Dan sementara untuk motor injeksi sudah menggunakan sistem berbasis computer, untuk menyuplai bensin.
Yang sehingga rasanya jarang mengalami masalah seperti ini. Nah beberapa hal yang menyebabkan motor mati saat lepas gas diantaranya yaitu:

Setelan Karburator Yang Kurang Tepat

Nah ada dua sekrup untuk setting karburator, yang pertam ialah sekrup untuk mengatur katup gas dan kedua ialah sekrup untuk mengatur suplai bensin saat idle.
Sekrup pertama yang mengatur katup gas akan mengatur besar kecilnya angin dari filter yang akan masuk ke mesin. Ketika sekrup ini dikencangkan, maka katup gas akan lebih terbuka. Hal ini akan memicu lebih banyak angin yang masuk sehingga RPM idle mesin naik. Dan sebaliknya kalai dikendorkan maka katup gas akan semakin tertutup sehingga efeknya akan menurunkan RPM idle.
Dan sementara sekrup kedua yang mengatur volume bensin bekerja dengan memanfaatkan celah pada pilot jet. Pilot jet ialah saluran yang digunakan untuk menyalurkan bensin dari mangkuk karbu ke intake manifold saat idle.
Jadi saat sekrup ini dikencangkan maka celah pada pilot jet akan menjadi lebih sempit sehingga bensin yang keluar dari pilot jet menjadi lebih sedikit. Kalau dikendorkan maka suplai bensin menjadi lebih banyak karena celah pilot jet menjadi lebih besar.
Dan ketika setelah sekrup karbu kurang tepat, misalnya sekrup pilot jet terlalu kecil maka akan terjadi kekurangan bensin karena kadar bensin lebih sedikit dari biasanya. Dan hasilnya mesin sulit hidup di RPM idle.
Tapi mesin tetap dapat dinyalakan sambil menarik gas, itu karena ada saluran lagi yang namanya main jet yang menjadi saluran untuk menyuplai bensin dari mangkuk karbu ke intake manifold saat katup gas terbuka.
Jadi mesin tetap nyala karena bensin disuplai bukan dari pilot jet melainkan dari main jet. Meski demikian ketika gas dilepas maka otomatis katup gas tertutup dan main jet tidak aktif lagi. Hal ini akan membuat mesin kembali mati karena suplai bensin dari pilot jet masih belum beres.

Pilot Jet Mampet

Yang kedua disebabkan karena ada sesuatu yang menyumbat pilot jet. Dan untuk masalah diatas masih dapat teratasi dengan mudah bila kalian melakukan resetting karbu. Namun untuk masalah ini sekeras apapun kalian menyetting karbu tetap masalahnya tidak hilang.
Dan alasannya karena sumber masalahnya bukan dari setelan karbu melainkan dari pilot jet karbu. Yang ketika pilot jet tersumbat maka celah pilot jet menjadi lebih kecil meski sekrup pilot jet sudah diset sangat longgar. Sehingga tetap saja suplai bensinnya kurang memadai.

Karburator Kemasukan Air

Air dan bensin meski sama-sama zat cair itu berbeda jauh. Bensin merupakan sumber yang menghidupkan api dan sementara air bisa memadamkan api. Dan ketika ada air masuk ke mangkuk karbu, maka molekul air tersebut bisa terserap masuk ke intake manifold melalui main jet sehingga mesin akan brebet. Tapi bukan Cuma itu, saat gas mesin diturunkan ke idle mesin juga cenderung mati.
Itu disebabkan karena cairan yang keluar dari pilot jet ialah campuran antara air dan bensin sehingga hanya ada sebagian bensin yang tersuplai. Dan sementara itu saat digas karena volume cairan yang keluar dari main jet lebih banyak maka mesin masih tetap bisa nyala meski terkadang tersendat-sendat. Lantas bagaimana solusinya ??
Ketika kalian menemui masalah diatas maka kalian dapat lakukan hal ini yaitu:
  • Pertama kalian setting dulu dua sekrup karburator caranya dengan menghidupkan mesin lalu tahan agas agar mesin tidak mati.
  • Kemudian kencangkan sekitar 2-3 putaran sekrup gas/angin hingga mesin tidak mati meski gas tidak ditahan.
  • Kendorkan sekrup pilot jet maka RPM mesin akan naik.
  • Terakhir kendorkan sekrup angin hingga RPM mesin ada pada sekitar 1.000 RPM.
Namun kalau solusi diatas tidak membawa hasil apa, ada kemungkinan pilot jet mampet atau ada air didalam karbu. Kalau sebelumnya motor kalian kehujanan atau sehabis dicuci maka karburator kemasukan air paling mungkin menjadi penyebabnya. Baik masalah pilot jet atau karbu yang kemasukan air, sama-sama harus dibongkar untuk dilakukan pembersihan.
Demikianlah pembahasan mengenai Cek 3 Penyebab Ini ?? Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber teknikotomotif

0 Response to "Cek 3 Penyebab Ini ?? Mesin Motor Mati Saat Gas Dilepas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel