Jadi Ini ? Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas Dalam hal ini sebenarnya ada banyak faktor yang mempengaruhi atau yang menyebabkan motor mati mendadak saat suhu pada mesin meningkat “panas” dan mungkin kalian pernah mengalami hal yang demikian yakni motor yang tiba-tiba mengalami masalah mati mendadak atau mogok saat kondisi suhu mesin panas.


Pada umumnya hampir semua orang yang mengalami hel tersebut pasti akan langsung panik dan bingung pastinya,, kira-kira yang menyebabkan motor demikian mati mendadak saat suhu panas mesin panas dan bagaimana solusi memperbaikinya !!. 

Nah kami kali ini akan memberikan ulasan hal-hal yang menyebabkan motor mati mendadak dan hal ini perlu diketahui juga. Oiya,, sebagai tamabahan bahwa kendaraan motor itu berbeda-beda jenis permasalahannya, beda merek, beda solusinya. Namun jika kalian sudah mengetahui detai apa penyebabnya maka solusi untuk memperbaikinya sekaligus mencegahnya biasanya lebih mudah.

Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas

Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus kalian periksa saat kalian mengalami masalah motor mati mendadak saat mesin panas atau kondisi suhu pada mesin meningkat bisa juga dinamakan dengan istilah overheat.
 
Motor Kekurangan Oli
Nah kenapa oli pada mesin motor dapat berkurang ?? ya hal ini biasanya disebabkan karena kendaraan atau motor tersebut sering digunakan untuk perjalanan jarak jauh yang menyebabkan terjadi uap panas yang dapat mengakibatkan oli dapat keluar melalui pori-pori endapan mesin. 
Penyebab kekurangan oli mesin yang lain dapat juga dikarenakan lemahnya piston ring yang mengakibatkan motor mengeluarkan asap putih melalui knalpot. Ciri ciri pada motor 4 tak sehingga busi dibasihi oleh oli mesin dan juga kemungkinan busi tidak tahan lama dan akhirnya mengakibatkan mesin makan oli.

Dengan begitu tentunya olinya akan berkurang terus sehingga disaat mengendarai sepeda motor pada temperature yang panas mengakibatkan motor mati mendadak atau bisa juga orang bilang mengakibatkan motor menjadi ngejim atau ngancing. 

 

Pengapian Motor Yang Melemah
Kemungkinan yang lain yang menyebabkan motor mati saat kondisi suhu mesin panas selain kekurangan oli yakni lemahnya pengapian pada motor. Dalam hal ini pengapian motor sering lemah atau tidak tahan panas ialah pada komponen spul apinya yang melemah sehingga hal tersebut bisa menyebabkan saat mesin dalam kondisi memiliki suhu yang panas maka motor akan mati dengan tiba-tiba karena penyebabnya yakni komponen motor spul yang sudah dimakan usia atau bisa juga diakibatkan karena spulnya ada yang eror/cacat sehingga beradu api antara satu dengan yang lainnya. 

Untuk cara mengecek komponen yang satu ini apakah ada apinya atau tidak yakni kalian bisa periksa kabel hitam list merah dari spul bawah. Caranya cukup simple yakni tempelkan kabel tersebut ke bagian mesin dengan sambil memutar mesin motor yakni dengan cara melakukan kick starter “mengengkol motor” maka dari situ nanti akan terbukti bahwa ada apinya atau tidak.

Kemungkinan yang kedua yakni pada pengapian komponen yang bernama CDI, nah komponen yang satu ini juga rawan jika posisi motor mendadak mati saat kondisi mesin panas, jadi kalian bisa cek apakah CDI tersebut masih berfungsi atau tidak. Sedangkan untuk komponen koil kemungkian sangat kecil karena dari beberapa pengalaman dalam hal ini kondisi koil masih bagus.

Dan jika permasalahannya belum ketemu juga mungkin bisa disebabkan pada bagian kepala ujung busi/palak busi sudah longgar atau basah atau bisa juga sudah rusak, maka kalian bisa mengganti busi dengan yang baru atau jika masih bagus mungkin posisinya kurang panas, jadi hal-hal tersebut bisa kalian lakukan dan periksa pada motor kalian tersebut.

Nah kemungkinan yang berikutnya yakni setelah melakukan pemeriksaan pada oli motor, kemudian pengapian motor yang selanjutnya ialah pada saluran bahan bakarnya. Pada saat motor mogok tidak mau hidup karena suhu mesin yang panas hal ini bisa juga mengakibatkan saluran bahan bakar bensin yang masuk ke komponen “karburator” terjadi penyumbatan, nah hal ini maka menyebabkan minyak “bensin” tidak lancar.
Terjadinya penyumbatan ini mungkin karena ada kotoran dibagian selang minyak yang mengaliri bensin menuju karburator sehingga minyak “bensin” tidak normal atau bahkan tidak mengalir. 

 

Dan selanjutnya kemungkinan yang lain yakni adanya kotoran didalam komponen motor yakni karburator. Komponen motor yang satu ini yakni karburator biasanya sering sekali didalamnya terdapat kotoran yang berasal dari tangkai minyak “bensin” motor.
Nah minyak atau bahan bakar yang kotor didalam tangkai motor maka akan mengakibatkan jarum spuyer dalam karburator mengalami penyumbatan dan motor bisa mati mendadak karena proses aliran bensin atau bahan bakar minyak menuju ruang bakar tidak normal.

Nah dari 3 permasalahan tersebut dan kalian sudah mengetahui apa penyebab motor kalian dapat mogok, apakah pada kondisi oli yang habis atau pengapian motor yang lemah atau saluran bensin motor yang tidak lancar ?? Jika kalian sudah mengetahui apa penyebab motor kalian mati mendadak maka langkah yang selanjutnya yakni solusi memperbaikinya. 

Cara Memperbaiki Motor Mati Mendadak Saat Mesin Panas
Nah sebenarnya dalam hal ini untuk mengatasi motor yang mati mendadak saat kondisi mesin panas yakni sudah dijelaskan diatas hehehe,, nah hal-hal diatas ialah beberapa kemungkinan penyebab motor mati mendadak. 

 

Setelah kalian mengetahui penyebabnya dengan melakukan beberapa pemeriksaan diantaranya pada pengapian motor yang meliputi spul, cdi dank oil. Kemudian juga pengecekan pada kondisi oli mesin motor dan yang terakhir yakni mengecek aliran bahan bakar apakah normal atau tidak. Nah dalam proses melakukan pengecekan tersebut maka kalian dapat melakukan proses penggantian atau memperbaikinya, kalau begitu yuk simak. 

Kekurangan Oli
Jika kalian sudah mengetahui bahwa oli mesin motor kalian berkurang, maka segeralah untuk membeli oli motor yang baru dan menggantinya yang menjual oli mesin untuk motor kalian. Dan kalau Yamaha biasanya menggunakan yamalube, kalau Honda ahm oil “oli bawaan pabrikan” tapi ada juga yang menggunakan shell ax 7. Kalian juga bisa menambah oli baru jika oli motor mesin kalian berkurang dan juga memperbaiki yang menyebabkan oli berkurang dengan sendiri. 

Pengapian Yang lemah
Jika kalian sudah mengetahui beberapa komponen motor yang menyebabkan pengapian lemah maka kalian bisa mengganti dengan membeli komponen alat motor tersebut dengan yang baru seperti cdi, spul atau koilnya.

Saluran Bahan Bakar
Untuk melakukan perbaikan pada komponen ini memang tidak rumit khususnya untuk pemula, tapi jika yang memperbaiki komponen ini “karburator” sudah bisa maka bukan hal yang rumit hehehe, maksudnya yang sudah bisa service karburator motor sendiri.
Kalian bisa cek dengan teliti apakah pada bagian selang slauran bahan bakar minyak yang masuk ke karburator ada kotoran atau tersumbat, maka kalian bisa bersihkan terlebih dahulu, tapi jika penyakitnya pada karburator segera diperbaiki, karena untuk memperbaiki karburator ada bagian yang sangat sensitive, kalau kalian salah melakukannya/memperbaikinya maka bukan tambah bagus melainkan tambah rusak. 

Demikianlah pembahasan mengenai Jadi Ini ?? Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas Dan Cara Mengatasinya,,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.

sumber Otosena

0 Response to "Jadi Ini ? Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel