Tips & Trik #Cara Lengkap Servis Ringan Pada Sepeda Motor

Cara Servis Ringan Pada Sepeda Motor – Sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua, yang dimana digerakkan oleh sebuah mesin. Untuk letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.

Dan sedangkan pada kecepatan rendah, untuk kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung dengan pengaturan setang oleh pengendara.

Untuk penggunaan sepeda motor khususnya di Indonesia sendiri terbilang sangat populer hal ini karena harganya yang terbilang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta biaya operasionalnya yang terbilang cukup hemat.

Nah agar sepeda motor anda tetap maksimal pada saat dikendarai maka perlu sekali dengan adanya servis ringan, untuk lebih jelas dan memahami bagaimana dan apa saja yang perlu di perhatikan dan dilakukan dalam servis ringan simak saja ulasannya dibawah ini.
Cara Servis Ringan Pada Sepeda Motor

Adapun cara servis ringan dalam hal ini seperti:
Baterai (Aki)
Untuk pemeriksaan baterai dalam hal ini meliputi tiga aspek seperti: ketinggian aki, jenis dan keadaan terminal. Dan untuk langkah-langkah servisnya sepert:

Lepaskan terlebih dahulu kabel negatif (-) aki, lalu kabel postif (+).
Lepaskan aki dari rangka/dudukannya.
Pemeriksaan ketinggian cairannya elektronik, pastikan berada diantara garis lower dan upper, bila berada dibawah garis lower tambahkan air aki sampai tepat mencapai garis upper. 

Pemeriksaan berat jenis cairan aki dengan menggunakan hydrometer standar: 1.26 pada suhu 20 derajat celcius (type 6 volt), 1,28 pada suhu 20 derajat celcius (type 12 volt). Bila hasil pengukuran hanya 1,22 pada suhu 20 d/c berarti aki distrum.
Periksa terminal aki apakah ada karat atau kotoran, bersihkan dengan cara menyiram terminal dengan air panas.
Setelah yakin aki dalam keadaan baik pasang aki dengan urutan pemasangan kebalikan dengan melapasnya.
Dan periksa kabel pipa ventilasi terpasang dengan baik.

Saringan Udara
Apabila elemen saringan udara tersumbat oleh debu, maka akan dapat menghambat masuknya udara yang mengakibatkan tenaga mesin dan bahan bakar menjadi boros. Maka periksa dan bersihkan saringan udara dengan cara sebagai berikut:

Keluarkan saringan udara dari tempatnya dengan terlebih dahulu membuka sekrup penutupnya untuk jenis bebek diawali dengan membuka leg shild tengah, kiri dan kanan.
Pisahkan saringan udara dari pemegangnya.
Sediakan cairan pencuci (minyak tanah) pada saringan type basah (air sabun) pada filter busa (filter kering) atau kertas cukup disemprotkan pada angin bertekanan.
Kemudian celupkan saringan udara dengan oli SAE 20-50 untuk jenis filter busa.
Kerenggangan Klep
Untuk kerenggangan klep yang berlebih akan mengekibatkan katup bunyi berisik, sebaliknya bila kerapatan maka akan mengakibatkan kurangnya tenaga mesin. Untuk kerenggangan katup harus disesuaikan dengan type sepeda motor ada beberapa jenis:
Type sport = 0,10-0,15
Type matic = 0,10-0,15
Type bebek = 0,3-0,7


Nah berikut ini langkah-langkah dalam memperbaiki atau menyetel kerenggangan katup diantaranya yaitu:
Cabut tutup-tutup pemeriksaan katup.
Lepaskan tutup-tutup pemeriksaan katup. Catatan: penyetelan katup dilaksanakan pada saat piston berada di TMA saat langkah kompresi. Pemeriksaan dilakukan pada saat mesin dalam keadaan dingin.
Lepaskan tutup pemeriksaan saat pengapian dan tutup cover generator/magnet.
Putar poros engkol dengan kunci T (sesuaikan ukuran dengan mur magnet), bawa piston pada langkah kompresi atau TMA patokan pemutan posisi sampai tanda “T” lurus pada tanda garis cover magnet.
Masukan ticknes gauge pada celah katup.
Penyetelan: Longgarkan mur pengunci dan masukan ticknes gauge pada celah dengan ketebalan ticknes gauge sesuai spesifikasi sepeda motor bawaaan pabrik. Stel celah katup dengan memutar sekrup penyetel menggunakan alat khusus (valve adjuster wrench). Setelah selesai menyetel kencangkan kembali mur pengunci sekrup penyetel jangan ikut berputar sebab akan merubah posisi hasil pengukuran.

Karburator Dan Injektor
Apabila membongkar karburator tidak perlu keahlian khusus, langkah awal ialah dengan membuka baut yang mengikat karbu dengan intake dan buka baut klem pada chamber karburator, lepas pelampung, pilot jet dengan obeng (-), lepas main jet dengan (kuncii 7 pas), bersihkan semuanya itu dengan mencuci pakai bensin atau dengan menggunakan carburator cleaner, lalu semprot dengan angin bertekanan, memasang kembali kebalikan dari pada membongkar. Catatan. urutkan setiap apa yang anda lepas dari awal sehingga memudahkan anda merakitnya kembali.

Dan untuk sepeda motor yang bersistem injeksi dalam merawatnya pada komponen injektor kemudian membersihkannya dengan menggunakan carburator cleaner, agar kotoran yang menempel dilubang-lubang yang berada di injektor tersebut menjadi rontok.
Pergantian Oli Secara Rutin
Oli dalam hal ini mempunyai beberapa fungsi penting untuk menjaga performa sekaligus kondisi mesin motor anda, dengan kata lain semakin bagus kualitas oli yang melekat pada mesin motor anda, maka akan semakin bagus juga performa mesin yang nantinya akan dihasilkan.

Namun untuk diingat anda tidak dapat menggunakan sembarangan oli pada motor anda, jadi sebaiknya sesuaikan dalam penggunaan yang cocok dengan tipe motor anda. Sebenarnya sangat dianjurkan untuk tidak berganti-ganti merk dan jenis oli supaya tidak merusak mesin motor anda. Dipastikan anda dalam mengganti oli dengan merk yang sudah direkomendasikan oleh pabrikan.

Hal-hal yang sangat penting sekali untuk diperhatikan dalam mengganti oli yang diantaranya yaitu:
Jangan menyemprotkan lubang oli dengan udara yang bertekanan karena hal ini akan dapat mengakibatkan kotoran yang terdapat di filter oli tersebar ke area mesin.
Jangan membuka baut pembuangan oli pada saat mesin dalam kondisi panas, karena hal tersebut akan cepat merusak ulir baut.
Gantilah ring oli setiap anda membuka baut pembuangan oli untuk menghindari kebocoran pada saat pemasangan baut oli.
Kemudian bersihkan filter oli setiap 12.000 kilometer untuk membuang sisa kotoran yang terdapat pada mesin.

Rantai Roda
Untuk fungsional dari rantai meneruskan puteran mesin ke roda, rantai harus dilumasi setiap 1000 km dan diperiksa kendisinya setiap 5000 km, kemungkinan adanya kerusakan seperti:
Pin kendor,
Roller rusak,
Mata rantai kering,
Rantai mulur,
Kadarluarsa,
Penyetel kendor,
Seal o-ring rusak

Apabila terjadi kerusakan pastikan anda segera mungkin untuk mengganti dengan rantai standar, pemeriksaan dan penyetelan.

Kendorkan mur batang penahan panel.
Kendorkan mur as belakang dan mur pengunci setelan rantai.
Kendorkan tegangan rantai sepenuhnya dengan memutar baut penyetel rantai.
Hitung 21 mata rantai, bila panjangnya melebihi batas ganti rantai. Untuk panjang rantai 20 mata: 319,4 mm (untuk sport): 259 mm (untuk bebek).
Sanggalah sepeda motor dengan penyangga tengah.
Kendorkan baut penyetel rantai hingga tegangan rantai mencapai ± 25 mm pada bagian tengah diantara gear depan dan belakang untuk memastikan penyaman posisi kiri dan kanan untuk menjamin kelurusan roda antara depan dan belakang.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tips & Trik” Cara Servis Ringan Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya.


sumber otosena

0 Response to "Tips & Trik #Cara Lengkap Servis Ringan Pada Sepeda Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel